TIPS DAN TRIK MICROSOFT WORD thap 1


Banyak laporan praktikum, makalah, tugas, penelitian, proposal, duuuh… banyak ketikan! Kadang-kadang hal kaya gini bisa bikin kita stress sendiri, apalagi mahasiswa. Padahal orang-orang pinter di luar sana udah cape-cape bikin yang namanya komputer. Tinggal gimana kita bisa mengoptimasikan Microsoft Word supaya hal-hal seperti di atas ga bikin stress. Banyak orang yang mengetik hanya dengan mengandalkan kemampuan jarinya. Syukur kalo bisa 10 jari, kalo cuman 11 jari (telunjuk kanan+kiri) gimana? Sebetulnya Microsoft Word udah menyediakan fitur-fitur yang bisa bikin kita lebih cepat lagi dalam mengetik, termasuk penggunaan shortcut. Intinya untuk lebih cepat dalam mengetik, usahakan jangan lepasin tangan dari keyboard. Artinya usahakan sedikit mungkin memanfaatkan mouse. Karena perpindahan tangan itu cukup memakan waktu dan memaksa kita untuk berkonsentrasi lagi saat tangan kembali ke keyboard. Ketik dulu baru format Bagi anda yang belum lihai dengan format-memformat lebih baik ketik dulu tulisan anda sampai selesai baru setelah itu memikirkan formatnya. Karena biasanya memformat pada saat mengetik membutuhkan waktu untuk memikirkan formatnya sehingga ketikan kita menjadi lebih lambat selesai. Lagi pula bila diformat pada saat mengetik, nanti pada saat selesai cenderung ingin mengubah kembali. Mubazir khan kerja 2 kali….

Membesarkan atau mengecilkan ukuran font Dari pada capek-capek ganti lewat toolbar, cukup blok aja pake tombol Shift+tombol arah yang mau di ubah, trus tinggal pencet short cut Ctrl+> (membesarkan) danCtrl+< (mengecilkan).
Menghilangkan “garis merah” Pada waktu Microsoft Word di Install biasanya setiap ketikan kita dibawahnya muncul garis merah bergelombang. Hal ini dikarenakan bahasa yang default terinstall pada Microsoft Word adalah bahasa English (U.S). Dan Microsoft Word memiliki semacam kamus bahasa tersebut dalam programnya. Jadi bila ada kata yang tidak terdapat dalam kamus tersebut Microsoft Word akan memberi tanda garis merah bergelombang itu. Cara menghilangkannya yaitu dengan memilih Tools > Option. Pada tab Spelling and Grammar hilangkan tanda check pada pilihan Check spelling as you type. Klik OK.
Mengganti Case kadang kita lupa nulis singkatan seperti abri, tni, rri, ga pake huruf besar. Trus masak harus dihapus dulu trus di ketik lagi? Ga efisien tuh. Tinggal di blok aja, trus pencet Shift+F3. Awal Dipencet sekali Dipencet 2 kali percobaan  Percobaan  PERCOBAAN
Menggunakan Style Masih banyak pengguna Microsoft Word yang belum menggunakan style dalam mengetik, mungkin karena memang jarang dibahas pada buku-buku atau modul praktikum. Padahal bila tidak memanfaatkan style kita akan sering memformat satu –persatu yang tentunya akan sangat merepotkan. Style adalah gabungan beberapa format,semacam template dari format. Misalnya format ukuran huruf 24pt, Centered, Times New Roman, diberi nama style Title. Dengan menggunakan style, kita bias menerapkan format yang sama tanpa harus memformat satu-persatu. Setiap huruf yang diketikkan pada Microsoft Word memiliki style, style yang default adalah Normal. Bila belum diubah, style normal adalah format font Times New Roman, 12pt, rata kiri, spasi 1, tanpa indentasi. Style dapat diakses dari toolbar seperti gambar di atas, atau dari emnu Format > Styles and Formatting. Mari kita lakukan percobaan: Buat dokumen baru, ketik “Ini menggunakan Style 1”, kemudian format tulisan tersebut dengan font Comic Sans, 18 pt, Italic, rata kiri. Ubah nama style pada tool bar Style 1. Tekan ENTER untuk pindah ke baris baru, kemudian ketik “Ini menggunakan style 2” dengan format font Monotype Corsiva, 12 pt, bold, centered, underlined. Kemudian ganti style menjadi Style 2. Tekan ENTER lagi, kemudian set style ke Normal. Ketik “Ini yang Normal” Tekan ENTER, set style pada toolbar style cari Style 1 yang tadi dibuat. Ketik “Ini Style 1 lagi” Tekan ENTER, set style menjadi Style 2. Ketik “Ini style 2 lagi”. Untuk lebih memudahkan kita dapat memodifikasi, misalnya kita ingin setelah Style 1 kemudian ditekan ENTER pada baris yang baru langsung diset Style 2. Caranya pada menu klik Format > Styles and Formating. Maka akan muncul kotak Styles and Formating padam sebelah kanan dokumen. Pada tulisan Style 1 klik kanan dan pilih Modify, akan muncul kotak Modify Style. Pada pilihan Style for folowing paragraph pilih Style 2.

Tentang Mr. kim

Belajar dan terus belajar untuk menjadikan kita bisa bermanfaat bagi sesama, saat ini saya di percaya menjadi pengajar kkpi di smkn 2 batu, mudah mudahan kita bisa berbagi apa yang kita ketahui meskipun hanya sedikit... maju terus anak anak indonesia agar kita bisa bersaing dengan negara-negara maju... amin
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s