tip dan trik ms word thap 2


Memindahkan kursor dengan tombol sakti

Untuk memindahkan kursor ke suatu kata baris, atau halaman tertentu masih banyak orang-orang awam menggunakan tombol panah. Hal ini tentu saja akan memperlambat kerja kita.Adacara yang lebih efektif, yaitu dengan menggunakan tombol sakti CTRL.

Untuk pindah halaman lebih cepat jika menggunakan shortcut CRTL+ Page Down / Page Up. Untuk ke awal halaman, dapat dengan menggunakan shortcut CTRL+Home, untuk ke akhir halaman shortcutnya CTRL+End. Untuk memindahkan kursor setiap kata dapat menggunakan tombol CTRL+tombol panah. Sedangkan untuk menuju ke awal baris cukup menekan tombol Home, dan untuk ke akhir baris cukup dengan tombol End. Tentunya dengan cara ini pindah-pindah kursor akan lebih cepat.

 Memblock lebih cepat

Untuk memformat tulisan kadang kita perlu mem-blok dahulu tulisan yang hendak di blok. Kebanyakan orang masih menggunakan cara lama yaitu dengan tombol shift+tombol arah. Atau menggunakan mouse dengan mem-blok sedikit-demi-sedikit.

Dengan Keyboard

Bila ingin memblok suatu baris, tidak perlu sedikit-demi-sedikit. Cukup letakkan kursor diawal baris, kemudian tekan tombol SHIFT+tombol panah bawah. Kita dapat memblok lebih cepat dengan bantuan tombol sakti CRTL. Caranya tekan CTRL +SHIFT jangan dilepas sambil menggerakkan tombol panah, maka blok akan dilakukan perkata.

Kalo memblok banyak halaman menggunakan tombol SHIFT+PAGE DOWN

Untuk memblok seluruh dokumen cukup pencet Ctrl+A.

Dengan Mouse

Untuk memblok baris cukup letakkan pointer mouse pada sebelah kiri baris tapi diluar daerah ketikan, kemudian tinggal klik kiri sekali aja.

Untuk memblok satu paragraf klik 3 kali pada paragraf tersebut.

 Memanfaatkan AutoCorrect

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk dalam mengetik, seperti saya misalnya seting mengetik “utnuk” padahal pengennya “untuk”. Entah kenapa kebiasaan ini sulit dihilangkan. AutoCorrect adalah fitur dari Ms Word untuk menyelesaikan masalah itu. Pada menu pilih Tools > AutoCorrect Option. Pada kotak Replace masukan kata-kata salah yang sering kita ketik, pada kotak With masukkan kata yang benar.Klik Add.

AutoCorrect juga dapat dimanfaatkan sebagai pembuat shortcut. Masukkan saja kata-kata yang sering kita pakai seperti “yg” untuk “yang”, “tm” untuk “terima kasih”, “Ass” untuk “Assalamua’laikum”, “kku” untuk “Koperasi KOPMA UGM”, dll. Mari kita coba, masukkan pada AutoCorrect Option dengan cara seperti diatas pada kotak Replace masukkan “tm” dan pada kotak With masukkan “terima kasih”. Klik Add. Ketik “tm” lalu tekan spasi. Apa yang terjadi?

 

Membuat titik-titik

Saat membuat formulir, soal, questioner, dll biasanya terdapat titik-titik didalamnya. Misalnya :

Nama : ……………………………………………………………………………………………….

Alamat : ……………………………………………………………………………………………….

Nah, apakah untuk membuatnya kita harus menekan tombol titik berulang-ulang? Wah menjengkelkan sekali! Dalam membuatnya kita memanfaatkan yang namanya tab stop.

Tab stop adalah tempat dimana kursor akan berhenti saat kita menekan tombol TAB. Jadi cara membuatnya adalah cukup dengan mengklik sekali pada ruler (penggaris). Seperti pada contoh diatas, dibuat 3 tab stop, yaitu pada tempat dimana kita hendak menulis “:”, pada awal titik-titik, dan pada akhir titik-titik. Untuk membuat tab stop yang terakhir agak beda caranya, yaitu dengan mengklik 2 kali pada ruler, maka akan muncul kotak Tabs. Akan terlihat posisi dimana saja kita membuat tab stop. Klik pada tab stop yang paling terakhir, kemudian pada pilihan leader pilih no 2 untuk membuat titik-titik. Klik Set, kemudian OK.

Selanjutnya tinggal ketik “Nama”, trus tekan TAB, ketik “:”, tekan TAB.

 Membelah Jendela

Seringkali pada beberapa jenis tulisan dalam mengetiknya sesuatu kita harus melihat acuan ke halaman sebelumnya. Kalo halaman itu letaknya jauh apakah kita harus bolak-balik dengan tombol page down/page up ? Cukup ‘belah’ jendela Ms Word ! Caranya pilih Windows > Split. Tentukan ukuran ‘pembelahan’ sesuka kita lalu klik sekali. Maka akan ada 2 jendela Ms Word untuk dokumen yang sama. Jadi gampang deh…

 Mencetak langsung terurut

Seringkali setelah kita mencetak dokumen yang banyaknya belasan atau puluhan halaman, kita harus mengurutkan kembali urutannya. Karena defaultnya Ms Word akan mencetak dari halaman pertama, maka halaman yang nanti berada paling atas setelah selesai dicetak adalah halaman terkahir! Yang dapat kita lakukan adalah dengan memilih Tools > Option, pada tab Print beri tanda check pada pilihan Reverse print order. Klik OK. Maka Ms. Word akan mencetak dari halaman terakhir dan dokumen kita akan otomatis terurut.

Tentang Mr. kim

Belajar dan terus belajar untuk menjadikan kita bisa bermanfaat bagi sesama, saat ini saya di percaya menjadi pengajar kkpi di smkn 2 batu, mudah mudahan kita bisa berbagi apa yang kita ketahui meskipun hanya sedikit... maju terus anak anak indonesia agar kita bisa bersaing dengan negara-negara maju... amin
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s