skripsi penelitian Guided Reading


 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting bagi sebuah bangsa dan transformasi peradaban bangsa. Peradaban tersebut membutuhkan suatu perubahan dalam dunia pendidikan, termasuk didalamnya kurikulum, sistem pendidikan, metode dan strategi mengajar, sumber belajar, media pengajaran, proses pe nilaian, dan evaluasi pembelajaran. Kurikulum dan sistem pendidikan yang baik akan mengantarkan pendidik menuju perkembangan pendidikan yang signifikan. Namun, pencapaian yang baik harus didukung dengan proses pembelajaran yang baik pula. Metode dan strategi mengajar, sumber belajar, media pengajaran, proses penilaian dan evaluasi pembelajaran merupakan perangkat yang tidak bisa ditawar oleh pendidik dalam meningkatkan pendidikan yang optimal. Metode dan strategi belajar seharusnya tidak hanya mendukung materi yang sedang diajarkan, tetapi juga harus mendukung dan mengembangkan kemampuan pembelajar (dalam hal ini siswa).

Menurut Supriyadi (1995), untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan penggunaan model pembelajaran yang optimal. Ini berarti bahwa untuk mencapai kualitas pembelajaran yang tinggi, bidang studi harus diorganisasikan dengan strategi pembelajaran yang tepat yang selanjutnya disampaikan kepada siswa dengan model yang tepat pula.

Belajar melalui strategi Joyful Learning akan mengantarkan anak untuk belajar sejati. Belajar sejati berarti bahwa anak mempunyai kesadaran sendiri untuk memperhatikan, mempelajari, dan menekuni segala hal yang dialaminya sehari-hari secara terus-menerus dengan suasana hati yang merdeka (maksudnya kegiatan belajar tanpa paksaan). Kesadaran belajar muncul dalam diri anak sehingga mengantarnya pada belajar sendiri. Menurut Stella (1995), strategi Joyful Learning merupakan metode belajar cepat dan tepat serta menyenangkan untuk mengimbangi kerja otak kiri dan otak kanan agar bekerja secara maksimal. Materi-materi yang dianggap sulit oleh pendidik bisa dibuat menjadi lebih mudah dengan kemasan yang menyenangkan dan tidak berbelit-belit karena keberhasilan belajar tidak ditentukan oleh lamanya waktu kita belajar, tetapi ditentukan oleh kualitas cara belajar kita. Teknik-teknik yang digunakan dalam Joyful Learning sangat bervariasi, misalnya wordwalls, guided reading, mind mapping, cycling answer, password, hangman dll, tergantung pada pilihan yang cocok atau tepat untuk diri kita sendiri.

Dari pengalaman mengajar siswa kelas IIA SD Islam Sabilillah Malang pada pelajaran Bahasa Inggris kompetensi reading, penulis seringkali mengalami kesulitan untuk membuat siswa merasa enjoy dan easy dalam membaca teks berbahasa Inggris. Siswa kurang fokus saat pelajaran berlangsung dan kurang memahami hal-hal penting yang merupakan intisari materi tersebut. Mereka juga cenderung bersikap pasif yang berujung pada sikap bosan atau tidak tertarik untuk membaca bacaan bahasa Inggris. Sehingga pembelajaran dirasakan kurang berhasil dan tidak memuaskan serta cukup memberatkan siswa. Dengan demikian penulis akan mencoba melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi Joyful Learning teknik guided reading.

Teknik guided reading sangat mudah untuk dilaksanakan di dalam ruang kelas. Teknik ini akan dapat melatih para siswa untuk menjadi pembelajar mandiri dan aktif (active learners), lebih fokus pada persoalan yang dihadapi, dan tentunya membuat para siswa tidak bosan. Teknik-teknik tersebut juga sangat efektif, variatif dan mampu memacu kreatifitas guru dan siswa. Pembelajaran di kelas menjadi lebih menyenangkan dan lebih berkesan.

Karena beberapa keunggulan yang dimiliki oleh strategi Joyful Learning itulah, penulis lewat penelitian yang berjudul ” Upaya meningkatkan minat dan kemampuan membaca bacaan berbahasa Inggris melalui Joyful Learning teknik Guided Reading pada siswa kelas II SD Islam Sabilillah Malang. ” ini ingin mengkaji lebih jauh tentang bagaimana minat baca siswa selama penerapan strategi pembelajaran Joyful Learning dengan teknik Guided reading dan Storyteling bagi siswa kelas II Sekolah Dasar dan dampak terhadap hasil belajar setelah diterapkannya strategi Joyful Learning. Dengan harapan strategi ini dapat memberikan perbaikan terhadap minat baca dan pemahaman siswa terhadap bacaan berbahasa Inggris serta kinerja belajar siswa di sekolah dan mutu proses pembelajaran di kelas.

 

B. Ruang Lingkup dan Batasan Masalah

Adapun ruang lingkup masalah penelitian ini cukup banyak karena pelaksanaan model Joyful Learning ini menggunakan beberapa teknik antara lain: Guided Reading, Story Telling, Password, Math Domino, Logico, Angka Kreatif, Mind Mapping, Cycling Answer, Teknik-teknik ini dapat dipakai dalam beberapa pelajaran. Oleh karena keterbatasan waktu dan tenaga maka peneliti hanya membatasi pada :

1) Pembelajaran dengan menggunakan Joyful Learning teknik Guided Reading.

  1. Materi yang digunakan dalam penelitian ini terbatas pada pelajaran Bahasa Inggris dengan kompetensi Reading.

 

C. Rumusan Masalah

Adapun permasalahan yang ditemui penulis dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris melalui strtagei Joyful Learning teknik Guided reading di kelas II SD Islam Sabilillah Malang?

  2. Bagaimanakah dampak dan hasil pembelajaran Reading menggunakan strategi pembelajaran Joyful Learning teknik Guided reading terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Inggris pada siswa kelas II SD Islam Sabilillah Malang?

D. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1.  
    1. Untuk meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris melalui strategi pembelajaran Joyful Learning teknik Guided Reading di kelas II SD Islam Sabililah Malang.

    2. Untuk mengetahui dampak dan hasil pembelajaran Reading menggunakan strategi Joyful Learning teknik Guided Reading terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Inggris pada siswa kelas II SD Islam Sabilillah Malang.

E. Hipotesis Tindakan

  1. Pembelajaran Reading dengan menggunakan strategi Joyful Learning teknik Guided Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris siswa kelas II SD Islam Sabilillah Malang.

  2. Pembelajaran Reading dengan menggunakan strategi Joyful Learning teknik Guided Reading dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Islam Sabilillah Malang.

F. Kegunaan Penelitian

Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat:

  1.  
    1. Bagi siswa, memberikan warna dan suasana baru dalam belajar di kelas sehingga siswa merasa senang dan tidak mudah bosan. Siswa juga termotivasi untuk menggali kreatifitas dan wawasannya dengan belajar sendiri yang menyenangkan sehingga mengalami peningkatan yang signifikan.

    2. Bagi guru, memberikan wawasan untuk mencoba menerapkan Joyful Learning metode guided reading dan story telling, karena model ini dapat menjadikan suasana kelas lebih menyenangan, menjadikan para siswa menjadi pembelajar aktif (active learners), pembelajaran tidak membosankan dan menjadi menyenangkan dan berkesan bagi siswa.

    3. Bagi lembaga, dapat dijadikan motivasi untuk menerapkan model atau metode yang lebih bervariasi bagi pengajar.

    4. Bagi masyarakat, hasil penelitian ini dapat dikembangkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya guru SD, untuk mencoba menerapkan pembelajaran metode Joyful Learning yang bisa diterapkan pada semua mata pelajaran.

 

G. Asumsi

Untuk mendukung kevalidan dalam penelitian ini, maka diasumsikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tes telah memenuhi validitas dan reliable

Tes dalam penelitian ini diasumsikan valid karena soal yang dibuat sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Tes dalam penelitian ini diasumsikan reliable karena berdasarkan soal-soal tes sebelumnya yang sejenis dengan soal tes dalam penelitian ini hasilnya tetap.

  1. Siswa mengerjakan tes dengan kemampuannya sendiri.

  2. Sarana belajar memenuhi syarat untuk dilaksanakan pembelajaran Joyful Learning teknik Guided Reading.

 

H. Definisi Operasional

  1. Penerapan

Penerapan dirumuskan sebagai pengenaan, perihal praktik. Penerapan dalam penelitian ini diartikan sebagai mempraktikan pembelajaran Joyful Learning teknik Guided Reading kepada siswa kelas II SD Islam Sabilillah Malang tahun ajaran 2007/2008.

  1. Pembelajaran Joyful Learning

Pembelajaran Joyful Learning (JFL) adalah suatu model pembelajaran menyenangkan yang melibatkan siswa untuk berdiskusi, berdebat, berpikir kreatif, bertanya, bekerja dalam tim, belajar aktif dan mandiri, dan menemukan sendiri, yang merupakan strategi praktis bagi komunitas pembelajar yang berbeda dalam satu level.

  1. Teknik Guided Reading

Teknik Guided Reading adalah teknik pembelajaran terbimbing untuk membantu siswa dalam menggunakan strategi belajar membaca secara mandiri;

“The ultimate goal of guided reading is to help children learn how to use independent reading strategies successfully.”(Fountas and Su Pinnell) (1996).

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Pemilihan dan penentuan teks yang akan dibaca.

  • Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil (4/5 orang).

  • Setiap siswa membaca teks yang sudah ditentukan dengan tiga tahapan; dibaca sendiri satu kali, dibaca pelan/lembut, dan dibaca di dalam hati.

  • Siswa mencari informasi lebih lanjut tentang cara membaca beberapa kata kepada temannya sebagai diskusi awal dengan kelompoknya.

  • Guru mengadakan diskusi kecil sebagai eksplorasi yang meliputi phonic concept dan whole-language learning. Selanjutnya guru memonitor kemampuan reading dengan cara rereading/repetition.

  • Guru menggunakan gambar sebagai penunjang arti.

 

 

 

Tentang Mr. kim

Belajar dan terus belajar untuk menjadikan kita bisa bermanfaat bagi sesama, saat ini saya di percaya menjadi pengajar kkpi di smkn 2 batu, mudah mudahan kita bisa berbagi apa yang kita ketahui meskipun hanya sedikit... maju terus anak anak indonesia agar kita bisa bersaing dengan negara-negara maju... amin
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s